Senin, Mei 16, 2022
BerandaDAERAHHUT PGRI Dan Hari Guru Ke 76, Bupati Dairi : Kemandirian PGRI...
spot_img

HUT PGRI Dan Hari Guru Ke 76, Bupati Dairi : Kemandirian PGRI Patut Dibanggakan

SIDIKALANG, GlobalNEWS21.net | Bupati Dairi menghadiri peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ke 76, sekaligus peringatan Hari Guru Nasional Kabupaten Dairi tahun 2021, yang dilaksanakan di GOR Sidikalang, Selasa (30/11/2021).

Baca juga :

Ricuh Pilkades, Polres Dairi Amankan Cakades Bertungen Julu

Bangkit Guruku, Maju Negeriku, Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh menjadi thema nasional yang diangkat dalam peringatan HUT PGRI tahun ini.

Dalam sambutannya Bupati Eddy Berutu menyampaikan permohonan maaf karena peringatan HUT PGRI dan Hari Guru Nasional sedianya diperingati pada tanggal 25 November setiap tahunnya terpaksa diundur ke hari ini.

“Atas nama pemerintah dan masyarakat saya sampaikan selamat HUT PGRI juga selamat hari guru nasional, sekaligus permohonan maaf karena peringatan ini diundur yang semestinya kita adakan di tanggal 25 November lalu. Saya memang diundang dalam peringatan HUT PGRI ini tanggal 25 November lalu, dan direncanakan akan menghadirkan ribuan massa dari seluruh guru PGRI. Namun karena diwaktu bersamaan dilangsungkan juga Pilkada serentak, juga dengan kondisi pandemi saat ini akhirnya kita ambil kesepakatan peringatannya kita adakan hari ini dengan jumlah yang hadir tentunya dibatasi,” kata Eddy Berutu.

Bupati Eddy Berutu juga menyampaikan rasa kagumnya terhadap organisasi PGRI Kabupaten Dairi, ditengah keterbatasan mampu menyelenggarakan acara ini.

“Saya sampaikan salut pada PGRI Dairi. Kemandirian dalam rangkaian acara demi acara hingga peringatannya hari ini menunjukkan keseriusan dan ketangguhan para guru, apalagi ditengah pandemi. Mengadakan kegiatan hari ini tidak semudah yang kita bayangkan. Sekali lagi saya hormat dan salut untuk PGRI Dairi”, ujar Eddy Berutu seraya disambut tepuk tangan para guru.

Dikatakan , 76 tahun sudah keberadaan guru dan PGRI. Namun di 2 (dua) tahun terakhir wajah pendidikan sedikit kusam akibat pandemi Covid-19 yang terus masih berlangsung hingga kini.

“Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya yang kita jalani dengan enteng. 2 tahun terakhir kita dipaksa untuk beradaptasi. Saat ini kita memang dalam transisi. Dan masa transisi di dua tahun terakhir adalah hantaman Covid-19. Itulah yang disebut masa unknown. Perubahan datang begitu cepat. Seluruh bangsa diuji. Namun masa itu juga yang membawa negara kita masuk dalam 5 negara paling sukses dalam mengatasi Pandemi ini. Sebagai bukti, bisa kita lihat kita sukses mengadakan Pekan Olahraga Nasional (PON) dan Paralympic di Papua. Itu harus kita syukuri. Saya ingin kita menyambut era ini dengan semangat. Tetap belajar terutama soal teknologi, proaktif, jangan pernah menyerah beri teladan pada anak-anak kita”, ujarnya.

Bupati Eddy Berutu juga mengajak seluruh guru terutama yang tergabung dalam PGRI Kabupaten Dairi untuk mari ajarkan anak didik kita agar memilki kecerdasan kontekstual, emosional, inspiratif, dan fisik serta berdaya saing.

“Saya tau tugas pokok bapak ibu guru sangatlah sulit. Tapi jadikan tangung jawab besar ini sebagai sebuah kebanggaan dan suluh. Generasi emas bangsa ini ada di tangan bapak ibu. PGRI adalah rumah besar. Dengan hadirnya organisasi PGRI, semua guru memberi dukungan pada PGRI, kabarkan pada seluruh saudara kita, mari kita bangun PGRI ini,” tutup Eddy Berutu.

Sementara itu sambutan Ketua PGRI yang dibacakan oleh Ketua Bidang OKK PGRI Kabupaten Dairi, Binari Tulus Rajagukguk S.Pd mengatakan pembelajaran ditengah pandemi tentu berdampak pada pendidikan kita. Namun, dijelaskan pembelajaran tatap muka terbatas yang sedang kita jalani akan memacu kita mengejar ketinggalan dalam mengejar ilmu dan pengetahuan.

“Kita berharap, perlahan dengan momentum HUT PGRI ini semangat kita dalam mendidik dan menciptakan generasi bangsa yang mumpuni akan semakin besar”, ungkapnya.

Binari Tulus Rajagukguk S.Pd menegaskan dalam peringatan ini, PGRI akan berjuang dan bersinergi dengan pemkab Dairi dalam mewujudkan Dairi unggul dan Dairi cerdas disesuaikan dengan thema HUT PGRI tahun ini.

“Saya mengajak kita semua bergandeng tangan dan berkarya sebagai tanggung jawab dan amanah dalam merancang peningkatan mutu pendidikan di Kabupaten Dairi. Kami tidak akan lepas tangan mempersiapkan para guru dengan berbagai pelatihan bersinergi dengan dinas pendidikan.Terimakasih atas kehadiran bapak bupati yang juga Sebagai pembina PGRI kabupaten Dairi, kami selalu menantikan bimbingan dari pak bupati dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Dairi” tutupnya.

Hadir dalam peringatan HUT PGRI sekaligus Hari Guru Nasional ini, unsur Forkopimda, mewakili Kapolres dan Dandim, dan perwakilan Kemenag, Kepala KUA, Kepala Dinas Pendidikan, Jhony Waslin Purba. Camat Sidikalang, Camat Sumbul, Camat Laeparira, Lurah Batang Beruh dan Ketua Gema. (Junitha)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Advertisment

spot_img

Advertisment

spot_img

Advertisment

spot_img

Advertisment

spot_img

Most Popular

spot_img